JOLMA
Vol. 5 No. 1 (2025): JOLMA

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Passing Sepak Bola Pada Peserta Didik

Syafarudin, Muhammad Arif (Unknown)
Atiq, Ahmad (Unknown)
Hazazi, Rizki (Unknown)
Yanti, Novi (Unknown)
Bafadal, M Fachrurrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2025

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu kesulitan siswa dalam memahami keterampilan passing sepakbola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepakbola melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini akan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Dalam penelitian ini subjek yang peneliti ambil adalah kelas VII D SMP Negeri 2 Pontianak yang mana siswanya berjumlah sekitar 32 siswa. Pemilihan subjek menggunakan lembar observasi, sedangkan analisis data menggunakan persentase. Deskripsi hasil analisis data hasil belajar passing sepakbola siswa SMP Negeri 2 Pontianak. Pada Pra Siklus hanya 65,63% siswa yang melampaui KKM, setelah diberikan perlakuan pada siklus I ketuntasan minimal siswa meningkat sebesar 15,62%, namun hasil ini masih perlu ditingkatkan dan dilanjutkan ke siklus II. Setelah mendapat perlakuan pada siklus II siswa memiliki ketuntasan minimal sebesar 84,38%. Dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kooperatif menunjukkan bahwa hasil belajar passing sepak bola siswa meningkat pada setiap siklusnya. Kata kunci : Metode pembelajaran, Model Pembelajaran, Keterampilan Passing

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jolma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal yang mencakup kajian ilmu keolahragaan, pendidikan, kepelatihan, rekreasi, terapi, dan berbagai objek formal lainnya yang terkait permasalahan ...