Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung di GaleriSeni Idealoka melalui pendekatan service design. Galeri di Telkom University inimenghadapi tantangan berupa rendahnya tingkat kesadaran civitas akademik terhadapkeberadaan galeri, dan minimnya pengunjung. Metode penelitian yang digunakan adalahpendekatan kualitatif dengan framework design thinking model double diamond, yangmencakup tahapan discover, define, develop, dan deliver. Evaluasi dengan menggunakananalisis SWOT, analisis perbandingan, dan analisis customer journey, dengan tujuan untukmempertegas pentingnya elemen desain layanan dan pengalaman pengguna. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas fisik galeri, seperti signage dan jalur menujulokasi, serta pengelolaan media digital, seperti website dan media sosial, merupakanelemen yang paling membutuhkan perbaikan. Analisis customer journey mengidentifikasibahwa kesenjangan antara planned journey dan actual journey menjadi penyebab utamakurang optimalnya pengalaman pengunjung. Sebagai rekomendasi, penelitian inimenawarkan strategi desain berbasis peningkatan touchpoints dalam service design.Strategi ini meliputi rekomendasi signage dengan desain yang informatif dan visual yangmenarik, serta pengembangan program-program interaktif yang dapat memperkayapengalaman pengunjung. Diharapkan implementasi dari strategi ini diharapkan dapatmemperkuat identitas Galeri Idealoka sebagai pusat seni yang inklusif, edukatif, daninspiratif. Kata kunci:service design, touchpoints, customer journey, pengalaman pengunjung, galeriseni, strategi desain
Copyrights © 2025