Latar Belakang : Pendidikan dasar merupakan fondasi penting bagi perkembangan akademik siswa. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan belajar yang dapat menghambat pencapaian mereka. Tujuan : Penelitian ini menganalisis strategi yang diterapkan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa oleh guru di sekolah dasar. strategi yang diterapkan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa oleh guru di sekolah dasar. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang mencakup artikel jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik kesulitan belajar di sekolah dasar. Hasil dan Pembahasan : Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap berbagai penelitian, artikel ini mengidentifikasi jenis kesulitan belajar yang umum dihadapi siswa, seperti kesulitan dalam membaca (Disleksia), menulis (Digrafia), berhitung atau menyelesaikan operasi matematika (Diskalkulia). Berbagai strategi yang efektif diuraikan, termasuk pendekatan individu, penggunaan media pembelajaran adaptif, penerapan metode pembelajaran kooperatif, dan pentingnya kolaborasi dengan orang tua. Temuan menunjukkan bahwa intervensi dini dan motivasi siswa berperan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan : Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara sistematis, diharapkan kesulitan yang dialami oleh siswa dapat diatasi oleh guru secara efektif, sehingga menciptakan suasana belajar yang mendukung dan juga produktif.
Copyrights © 2024