Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa E-Modul pada matakuliah kepelatihan bulutangkis dan mengetahui kelayakan media berdasarkan pengujian para ahli. E-modul adalah seperangkat bahan ajar yang digital atau non cetak yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk keperluan belajar mandiri sehingga menuntut peserta didik untuk belajar memecahkan masalah dengan caranya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdapat lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahapan imlementasi dan tahap evaluasi. Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar assesmen uji kelayakan dari 2 ahli yaitu ahli konten dan ahli desain. Penelitian ini akan menghasilkan produk e-Modul yang berisi keseluruhan materi pembelajaran pada mata kuliah Kepelatihan Bulutangkis sebagai berikut: sejarah, sarana dan prasarana, cara melatih jenis pegangan (grip), posisi siap (stance) pada saat menerima serivice atau menerima pukulan, cara melatih gerakan kaki (footwork), dan cara memukul pada teknik pukulan permainan bulutangkis dan peraturan permainan bulutangkis serta model latihan dalam permainan bulutangkis. Hasil perancangan e-modul dapat digunakan sebagai model pembelajaran inovatif yang akan berhasil diterapkan dan layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025