GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 9 No. 1 (2025): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

Hafidah, Ruli (Unknown)
Kusuma Dewi, Nurul (Unknown)
Sholeha, Vera (Unknown)
Palupi, Warananingtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penerapan TPACK pada pembelajaran Anak Usia Dini (AUD) semakin relevan di masa digital 4.0, salah satunya melalui penggunaan Augmented Reality (AR) flashcard. Guru-guru di TK LKMD Marsudisiwi dan TK Merpati Pos Surakarta belum memanfaatkan media ini dalam pembelajaran bahasa Inggris, sehingga penguasaan kosakata anak masih rendah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada AUD dengan penggunaan media AR flashcard. Metode yang digunakan ialah Participatory Action Research (PAR) dengan 4 tahapan di dalamnya, yaitu analisis permasalahan, workshop, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan memperlihatkan kemajuan terhadap pengetahuan serta keterampilan guru dalam menerapkan teknologi pembelajaran berbasis AR secara kontekstual dan menarik. Guru mampu mengintegrasikan media AR dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan efektif. Selain itu, media ini dinilai mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar anak, serta memperkuat keterampilan pedagogik guru dalam pemanfaatan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gervasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang ...