GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 9 No. 1 (2025): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM GAMIFIKASI MENGGUNAKAN WORLDWALL DAN KAHOOT

Alkadri, Syarifah Putri Agustini (Unknown)
Muhammad Dwi Ramadhianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak menghadapi tantangan berupa minimnya pemanfaatan teknologi, materi yang monoton, dan rendahnya partisipasi siswa. Solusi yang ditawarkan adalah penggunaan game edukasi berbasis platform gamifikasi seperti kahoot dan wordwall yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan keterampilan digital guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah community development melalui lima tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, serta persiapan luaran. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 75% dan menghasilkan media pembelajaran sebagai luaran. Penggunaan game edukasi terbukti efektif dalam menciptakan ekosistem belajar yang kreatif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gervasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang ...