Anak-anak Indonesia seringkali cepat merasa jenuh atau kesulitan jika pembelajaran matematika disampaikan dengan cara yang monoton, seperti metode ceramah. Mereka akan lebih mudah memahami materi pelajaran jika disajikan melalui media yang interaktif dan dikombinasikan dengan permainan edukatif. Penggunaan game edukatif dalam pembelajaran matematika terbukti membuat siswa lebih antusias dan tidak mudah bosan, yang pada akhirnya mendorong motivasi mereka untuk belajar lebih giat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan metode pembelajaran berbasis game edukatif guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Inpres Morowa. Hasil dari kegiatan ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif, melibatkan 20 siswa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) yang terdiri dari 20 soal terkait numerasi matematika. Hasilnya menunjukkan bahwa pengenalan pembelajaran berbasis game edukatif efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar, dengan tingkat efektivitas di atas rata-rata yang termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran serupa direkomendasikan untuk diimplementasikan pada skala kelas yang lebih besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025