Sewagati
Vol 9 No 2 (2025)

Penguatan Literasi STEM Siswa SMA Wijaya Putra Melalui Program Rally Lab Berbasis Engineering Design Process untuk Mendukung Pembelajaran Inovatif

Ramadhani, Riva Rizkiana (Unknown)
Risanti, Doty Dewi (Unknown)
Wahyuono, Ruri Agung (Unknown)
Fadhilah, Nur (Unknown)
Asyari, Khamim (Unknown)
Rahmadiansah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Rally lab merupakan kegiatan pengabdian dari Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi, serta membangun minat siswa SMA Wijaya Putra Surabaya terhadap pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) melalui program kunjungan laboratorium secara bergantian atau rally lab. Kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa kelas 11 jurusan IPA Teknik melalui kunjungan ke empat laboratorium Teknik Fisika ITS, yang dirancang untuk memperkenalkan konsep engineering design melalui pengenalan alat dan peragaan eksperimen. Evaluasi menunjukkan bahwa 89,7% siswa belum pernah mengikuti program serupa, dan 55% siswa menunjukkan ketertarikan pada alat inovatif seperti 3D printer. Selain meningkatkan wawasan dan motivasi siswa, program ini juga memberikan manfaat bagi guru berupa ide untuk karya tulis dan media pembelajaran. Dengan keberhasilan program ini, diharapkan integrasi pembelajaran berbasis laboratorium dapat memperkuat pendidikan STEM di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...