KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science
Vol 7 No 1 (2025): Edisi 12

PENGARUH GAMBAR PERINGATAN LARANGAN MEROKOK PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP KESADARAN BAHAYA MEROKOK: (Studi pada Mahasiswa Aktif Program Studi S1 Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)

Aditama, Bagus Aditya (Unknown)
Sucipta, Johantan Alfando Wikandana (Unknown)
Purwanti, Silviana (Unknown)
Sary, Kezia Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tingginya angka perokok di Indonesia, khususnya di kalangan pemuda, menunjukkan bahwa kebiasaan merokok masih bertahan meskipun pemerintah telah menerapkan kebijakan gambar peringatan larangan merokok pada kemasan rokok. Observasi awal penelitian ini yang dilakukan pada Mahasiswa Aktif Program Studi S1 Administrasi Publik Fisip Unmul menggambarkan bahwa, sebagian besar dari mereka percaya bahwa gambar peringatan larangan merokok pada kemasan rokok merupakan gambaran nyata akibat merokok, namun, banyak dari mereka yang tetap merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar peringatan larangan merokok pada kemasan rokok terhadap kesadaran bahaya merokok di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merujuk pada Teori Perilaku Terencana dari Ajzen, yang menyatakan bahwa dalam konteks ini, gambar peringatan larangan merokok pada kemasan rokok mampu menimbulkan sikap negatif terhadap rokok, memperkuat norma sosial anti-merokok, serta meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Dengan jumlah sampel sebanyak 85 Responden, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur penerimaan informasi dari gambar peringatan larangan merokokdan tingkat kesadaran responden mengenai bahaya merokok. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik Bivariat menggunakan Chi Square Test 2X2. Hasil analisis tersebut memperoleh nilai signifikansi sebesar 0.411, yang dimana angka tersebut lebih besar dari 0.05. Dapat disimpulkan bahwa gambar peringatan larangan merokok pada kemasan rokok tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kesadaran mahasiswa akan bahaya merokok. Responden umumnya menganggap gambar tersebut sebagai peringatan yang bersifat informatif, tetapi tidak cukup kuat untuk memotivasi mereka berhenti merokok atau meningkatkan kesadaran akan risiko kesehatan secara mendalam.   Kata Kunci: Gambar Peringatan Kemasan Rokok, Komunikasi Visual, Kesadaran Mahasiswa, Teori Perilaku Terencana, Perilaku Merokok

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Strategi Komunikasi, Public Relation, Komunikasi Sosial Budaya, Manajemen Komunikasi, Media dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, Komunikasi ...