KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science
Vol 7 No 1 (2025): Edisi 12

KETIKA MOBIL BICARA TENTANG PEREMPUAN: FEMVERTISING DAN STORYTELLING MARKETING DALAM IKLAN VOLVO EX90

Gurning, Sisca T. (Unknown)
Ingratubun, Adrian (Unknown)
Andrian, Pieter (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Iklan sebagai media komunikasi pemasaran memiliki peran strategis dalam membentuk persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk, tidak hanya dengan informasi yang rasional, tetapi juga dapat melalui pendekatan emosional dan simbolik. Industri otomotif yang secara tradisional identik dengan nilai-nilai maskulinitas, kini mulai menghadirkan narasi yang lebih inklusif. Salah satu contohnya adalah iklan mobil listrik Volvo EX90, membuat iklan di era digital ini dengan pendekatan femvertising. Iklan berdurasi 3 menit 45 detik ini menempatkan perempuan sebagai pusat cerita, baik secara visual maupun naratif, melalui tokoh istri, anak perempuan, perempuan profesional dan ibu tokoh utama pria. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa representasi perempuan dalam iklan Volvo EX90 dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui metode analisis isi deskriptif-interpretatif. Kerangka analisis yang digunakan mengacu pada elemen storytelling serta dengan pendekatan komunikasi visual dan simbolik, berdasarkan narasi dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan walau narasi iklan dibangun dari sudut pandang tokoh laki-laki, namun seluruh alur cerita justru berpusat pada pengalaman, emosi dan posisi perempuan sebagai subjek utama. Representasi perempuan lintas generasi dalam iklan ini, memperlihatkan nilai-nilai keberdayaan, empati dan keselamatan, sekaligus menggugat stereotip maskulinitas dalam pemasaran produk otomotif. Penelitian ini berkontribusi pada perluasan pemahaman tentang strategi femvertising dalam kategori produk non-tradisional, serta menekankan pentingnya storytelling marketing dalam membangun komunikasi merek yang lebih humanis, inklusif dan relevan dengan konsumen di era digital.   Kata Kunci: Femvertising, Mobil Listrik, Storytelling Marketing, Representasi Perempuan, Iklan Digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Strategi Komunikasi, Public Relation, Komunikasi Sosial Budaya, Manajemen Komunikasi, Media dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, Komunikasi ...