RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 7 No 1 (2025): Jurnal Retorika

Strategi Dakwah di Media Sosial

Faridah, Faridah (Unknown)
Melati Amir, Rahma (Unknown)
Budin , Hanafiah Bin (Unknown)
Azhar, Andi (Unknown)
Mawaddah, Sri Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Di era digital, media sosial menjadi platform yang semakin penting untuk penyebaran dakwah. Penelitian ini menganalisis strategi dakwah yang efektif di media sosial untuk menjawab tantangan dakwah digital, seperti perubahan preferensi audiens, persaingan konten, dan keterbatasan teknis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai sumber, termasuk buku dan jurnal terakreditasi, untuk mengidentifikasi pendekatan terbaik dalam mencapai audiens yang lebih luas serta meningkatkan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kreatif, konsistensi pesan, relevansi terhadap audiens, pemanfaatan data analitik, dan kolaborasi dengan influencer merupakan strategi kunci untuk meningkatkan efektivitas dakwah di media sosial. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, dakwah di media sosial dapat disampaikan secara lebih menarik, tepat sasaran, dan mampu menjangkau audiens dari berbagai latar belakang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para dai dan pengelola dakwah untuk mengoptimalkan pesan dakwah di ruang digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Cakupan: Jurnal berfokus pada studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Retorika memberikan berapa fokus topik pembahasan yaitu Dakwah Islam, Komunikasi Dakwah, Ilmu Komunikasi dan Komunikasi dan Media. Jurnal ini sebagai studio media ilmiah untuk mengkomunikasikan visi, refleksi, ...