Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi TK My Dream School Banda Aceh dalam merespon kebutuhan esensial anak usia dini melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan berbagai strategi dalam lima aspek kebutuhan esensial anak, yakni layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, perlindungan, serta kesejahteraan. Strategi tersebut dilaksanakan melalui kemitraan lintas sektor dengan Puskesmas, Disdukcapil, BKKBN, kepolisian, dan keterlibatan aktif orang tua. Secara umum, tidak ditemukan kendala signifikan dalam pelaksanaan layanan, meskipun tantangan teknis seperti partisipasi orang tua dan adaptasi anak masih perlu perhatian. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antar pihak untuk mendukung layanan PAUD Holistik-Integratif secara optimal.
Copyrights © 2025