Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah SPK Dengan Metode Linier Congruential Generator

Salim, Putra (Unknown)
Fakhriza, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Evaluasi hasil belajar dalam pendidikan dilakukan untuk menilai sejauh mana kemampuan atau pencapaian siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Pada tingkat perkuliahan, evaluasi ini dilakukan melalui berbagai cara, yang pada dasarnya melibatkan tes atau ujian. Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web untuk evaluasi pembelajaran pada mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan (SPK), dengan menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG), yang dapat berfungsi sebagai media pendukung pembelajaran agar mahasiswa dapat belajar lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development (R&D) yang bertujuan mengembangkan aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis web pada mata kuliah pengantar ilmu komputer, menggunakan metode LCG. Proses penelitian ini mengikuti tahapan pengembangan sistem yang meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan evaluasi sistem. Aplikasi ini terdiri dari komponen soal kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan memanfaatkan algoritma LCG untuk pengacakan soal, diharapkan pertanyaan yang muncul tidak mudah diprediksi oleh mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...