Pendidikan ekonomi dan kewirausahaan berperan penting dalam membentuk pola pikir kreatif dan inovatif mahasiswa untuk menghadapi dunia industri dan dunia usaha (DUDI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran berbasis Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis kajian literatur. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa PjBL mampu menciptakan pengalaman belajar bermakna yang mampu untuk menstimulasi kemandirian, kreativitas, dan keberanian mengambil risiko. Pembelajaran ekonomi melalui Project Based Learning (PjBL) dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsep dan teori ekonomi kemudian dapat mengaplikasikannya dalam dunia usaha secara nyata. Hasil analisis memperlihatkan bahwa keberhasilan implementasi PjBL dipengaruhi oleh faktor perencanaan pembelajaran, dukungan lingkungan kampus, keterlibatan dunia industri, dan kesiapan guru dalam memberikan project yang disesuaikan dengan materi. Implikasi dari penelitian ini, yaitu pentingnya integrasi PjBL dalam kurikulum pendidikan ekonomi dan kewirausahaan untuk membentuk calon penerus bangsa yang inovatif dan adaptif dalam menghadapi tantangan dunia usaha.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025