Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Meningkatkan Kemampuan Self Efficacy Akademik dan Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan

Hasibuan, Ahsanul Hakim (Unknown)
Harfiani, Rizka (Unknown)
Daulay, Umiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy akademik dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keyakinan diri siswa dalam menghadapi tugas akademik dan tingginya kecenderungan menunda penyelesaian tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dalam bidang Bimbingan dan Konseling (PTBK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui angket self-efficacy akademik, angket prokrastinasi akademik, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan self-efficacy akademik dan penurunan perilaku prokrastinasi setelah diterapkannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Dengan demikian, layanan ini efektif dalam membantu siswa meningkatkan keyakinan diri serta mengurangi kecenderungan menunda tugas akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...