Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru di UPT SPF SD Negeri 101783 Saentis

Muhammad Kalkautsar (Unknown)
Nurhayani (Unknown)
Fauziah Ahmad Zain (Unknown)
Ulina Rahmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dan dampaknya terhadap motivasi serta kinerja guru di UPT SPF SD Negeri 101783 Saentis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di UPT SPF SD Negeri 101783 Saentis menerapkan strategi kepemimpinan transformasional dan demokratis, yang ditandai dengan komunikasi terbuka, partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, serta dukungan terhadap inovasi pembelajaran. Strategi kepemimpinan ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru, yang ditunjukkan melalui semangat, rasa memiliki, dan inisiatif tinggi dalam tugas profesional. Kinerja guru dapat terlihat meningkat dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Namun, pada beberapa sekolah, strategi kepemimpinan yang otoriter masih ditemukan dan menyebabkan motivasi serta kinerja guru cenderung stagnan. Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya bahwa kepemimpinan yang efektif bukan hanya dilihat dari hasil kerja, tetapi juga dari kualitas hubungan interpersonal yang dibangun oleh kepala sekolah. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan pelatihan kepemimpinan berbasis humanistik bagi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat satuan sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...