Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi tes dan non tes pendidikan agama Islam di SMK 1 Kuok. (2) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI tes dan non tes di SMK 1 Kuok. Jenis analisis data yang digunakan adalah data lapangan, dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Temuan dari penelitian ini adalah SMK 1 Kuok dalam pembelajaran PAI menerapkan evaluasi berupa tes dan non tes, pada bagian tes bersifat berbasis pengetahuan, artinya penilaian dapat dilihat dari hasil tes pengetahuan siswa dengan tes lisan atau tertulis, sedangkan untuk non tes dapat dilihat dari hasil penilaian ujian praktik. Kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMK 1 Kuok secara umum dikarenakan karakter siswa yang tergolong keluarga menengah dan mampu. Selain melakukan penilaian hasil belajar PAI seperti halnya nilai ujian yang kurang atau tidak memenuhi KKM, akan dilakukan remedial dengan harapan hasil penilaian dapat memenuhi KKM yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2025