Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan

Shantika Ahya, Clara (Unknown)
Remiswal, Remiswal (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi tes dan non tes pendidikan agama Islam di SMK 1 Kuok. (2) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI tes dan non tes di SMK 1 Kuok. Jenis analisis data yang digunakan adalah data lapangan, dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Temuan dari penelitian ini adalah SMK 1 Kuok dalam pembelajaran PAI menerapkan evaluasi berupa tes dan non tes, pada bagian tes bersifat berbasis pengetahuan, artinya penilaian dapat dilihat dari hasil tes pengetahuan siswa dengan tes lisan atau tertulis, sedangkan untuk non tes dapat dilihat dari hasil penilaian ujian praktik. Kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMK 1 Kuok secara umum dikarenakan karakter siswa yang tergolong keluarga menengah dan mampu. Selain melakukan penilaian hasil belajar PAI seperti halnya nilai ujian yang kurang atau tidak memenuhi KKM, akan dilakukan remedial dengan harapan hasil penilaian dapat memenuhi KKM yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...