Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Kajian Kritis Al-Dakhil dari Jalur Teologi Mu’tazilah, Syi’ah dan Khawarij

Andini, Aula (Unknown)
Triastuty, Nabila (Unknown)
Sahputra, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Al-Dakhil adalah istilah untuk ajaran atau pemikiran asing yang masuk ke dalam Islam dan bisa merusak pemahaman yang benar. Artikel ini membahas bagaimana tiga kelompok teologi Islam—Mu’tazilah, Syiah, dan Khawarij—melihat dan menilai hal-hal yang dianggap sebagai al-Dakhil. Setiap kelompok punya cara pandang yang berbeda: Mu’tazilah menggunakan akal dan logika untuk menilai ajaran; Syiah menilai berdasarkan ajaran para imam mereka; sementara Khawarij sangat ketat dan berpegang kuat pada teks agama. Kajian ini menunjukkan bahwa perbedaan cara pandang ini dipengaruhi oleh latar belakang sejarah dan keyakinan masing-masing kelompok. Penelitian ini penting untuk memahami bagaimana ajaran Islam dipertahankan dari pengaruh luar dan mengapa perbedaan tafsir bisa terjadi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...