Manajemen berbasis sekolah pada dasarnya memberikan kebebasan kepada sekolah untuk melakukan semua kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Penerapan manajemen berbasis sekolah ini tidak hanya sekedar untuk membawa perubahan pada sistem manajemen disekolah tetapi juga berpengaruh terhadap kebijakan serta orientasi pada masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metode yang digunakan adalah content analysis terhadap dokumen institusional seperti visi misi, rencana strategis, kurikulum, laporan akademik, serta literatur pendukung lainnya. Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukkan peran Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang yaitu pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan pembiasaan.
Copyrights © 2025