Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD Negeri 45 Bilah Hulu

Siregar, Faisal Efendi (Unknown)
Putra, Darpansyah (Unknown)
Ariady, M. Saddam (Unknown)
Harahap, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam manajemen sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan di SD Negeri 45 Bila Hulu, khususnya dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, serta tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research, di mana data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, serta data sekunder diperoleh dari studi literatur. Informan utama terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Tenaga Kependidikan, dan salah satu Guru senior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen SDM di sekolah ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, dengan strategi seperti pelatihan internal, pembagian tugas berdasarkan kompetensi, sistem evaluasi kinerja, serta pembinaan kedisiplinan dan etika kerja. Temuan penting dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan literasi teknologi di kalangan guru dan staf serta keterbatasan fasilitas pelatihan yang masih menjadi tantangan. Meskipun demikian, sekolah telah menunjukkan komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas SDM melalui komunikasi yang terbuka dan kolaborasi internal maupun eksternal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...