Dalam dunia bisnis, tentu saja kita tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Saat ini dunia bisnis sedang mengalami perkembangan yang pesat dan persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kekuatan, kelemaham, peluang, ancaman pada usaha home industry Shaqila Cake. (2) Mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada usaha home industry Shaqila Cake dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi pemasaran yang dapat dilakukan usaha Shaqila Cake adalah dengan menerapkan strategi SO (Strenghts-Opportunities) yang berarti strategi agresif, yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan internal yang dimiliki perusahaan untuk mengejar peluang yang ada sebanyak mungkin. Strategi yang dapat dilakukan dengan berupa: Mempertahankan cita rasa produk, memperluas pangsa pasar dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pada usaha Shaqila Cake sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis dalam Islam, yang menekankan pada prinsip kejujuran, keadilan, serta tanggung jawab dan bermanfaat bagi semua pihak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025