Jurnal Muamalat Indonesia
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Muamalat Indonesia

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA HOME INDUSTRY DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Home Industry Shaqila Cake di Kabupaten Ketapang)

Jumiarti, Jumiarti (Unknown)
Amalia, Sisi (Unknown)
Sofia, Aya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Dalam dunia bisnis, tentu saja kita tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Saat ini dunia bisnis sedang mengalami perkembangan yang pesat dan persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kekuatan, kelemaham, peluang, ancaman pada usaha home industry Shaqila Cake. (2) Mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada usaha home industry Shaqila Cake dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi pemasaran yang dapat dilakukan usaha Shaqila Cake adalah dengan menerapkan strategi SO (Strenghts-Opportunities) yang berarti strategi agresif, yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan internal yang dimiliki perusahaan untuk mengejar peluang yang ada sebanyak mungkin. Strategi yang dapat dilakukan dengan berupa: Mempertahankan cita rasa produk, memperluas pangsa pasar dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pada usaha Shaqila Cake sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis dalam Islam, yang menekankan pada prinsip kejujuran, keadilan, serta tanggung jawab dan bermanfaat bagi semua pihak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JVPEI

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JMI (JURNAL MUAMALAT INDONESIA) is an scientific journal which is published two times annually by Prodi Ekonomi Islam (PRODI EKIS), Faculty of Economics and Business, University of Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Indonesia. JMI is a type of scientific journal (e-journal), published 2 times a year. ...