Masalah yang muncul dalam pembelajaran elemen Al-Qur'an dan Hadis di SMP adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis serta kesulitan siswa dalam mengaitkan ajaran Islam dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, metode pembelajaran yang kurang inovatif menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Al-Qur'an dan Hadis, serta memperkuat internalisasi nilai-nilai moral dalam ajaran Islam pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis pengalaman dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap teks-teks Al-Qur'an dan Hadis, serta mendukung pengembangan karakter dan moral siswa, yang tercermin dalam sikap dan perilaku mereka yang lebih sesuai dengan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2025