Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan pengetahuan guru di SMP Negeri 1 Bukittinggi Kecamatan Payakumbuah dalam menerapkan model pembelajaran terbaru. Sebagian guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan mengandalkan buku paket dan LKS sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan mengikuti proses pembelajaran sehingga tidak adanya partisipasi siswa mengikuti pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran informatika untuk siswa kelas VII dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Group Design Pretest-Posttest Control Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kecamatan Pyakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu menggunakan metode simple random sampling yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar informatika siswa diperoleh dari tes akhir. Data hasil tes akhir siswa dari kedua kelas berdistirbusi normal dan homogeny mempunyai kesamaan. Sedangkan hasil analisis tes akhir menggunakan Uji Paired Sampel T Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilainya < 0,05 berarti ditolak dan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar informatika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh.
Copyrights © 2025