Asas: Jurnal Sastra
Vol. 14 No. 1 (2025): ASAS : Jurnal Sastra

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA BOLIR (BOLA GULIR) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN

Siti Nurjanah (Unknown)
Cut Novita Srikandi (Unknown)
Natalia Simarmata (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulisteks arumentasi denganmenggunakan media Bolir (bola gulir) peserta didik kelas XI. Penelitian inidilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapanperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMANegeri 3 Medan dengan melibatkan 36 peserta didik dari kelas XI-4 sebagai subjek.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif untuk mengelola data,yang diperoleh melalui observasi dan tes peserta didik. Pada siklus pertama, rataratanilai peserta didik adalah 64,85. Pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkatmenjadi 74,34. Pada siklus ketiga, nilai rata-rata mencapai 87,8. Setiap siklusmenunjukkan kemajuan, dan siklus ketiga dilakukan karena pada siklus kedua masihterdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Hasil akhir menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks argumentasipeserta didik dengan menggunakan media Bolir(Bola gulir) mengalami peningkatanyang signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...