JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT
Vol. 9 No. 1 (2025): Artikel Jurnal Volume 9 Issue 1, June 2025

Perancangan Game History Hunt Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Interaktif di Sekolah Dasar Berbasis Android

Yuniar, Rani (Unknown)
Widodo, Suprih (Unknown)
Abdul Majid, Nuur Wachid (Unknown)
Sodikin, Reisa Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran sejarah di sekolah dasar sering kali menghadapi berbagai kendala, terutama dalam membangkitkan minat pada siswa terhadap materi yang bersifat naratif dan teoritis. Metode pengajaran konvensional yang kurang interaktif cenderung membuat siswa merasa jenuh yang berakibat kesulitan dalam memahami nilai-nilai sejarah. Di tengah perkembangan teknologi digital, pendekatan inovatif diperlukan agar proses belajar menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan relevan dengan karakteristik siswa masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukatif berbasis Android yang diberi nama History Hunt, yang dirancang sebagai media pembelajaran sejarah interaktif dengan pendekatan visual dan gameplay yang menarik. Aplikasi ini ditujukan untuk memfasilitasi proses belajar siswa sekolah dasar agar menjadi lebih menyenangkan, kontekstual, serta mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu, pengembangan History Hunt juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan media pembelajaran alternatif yang selaras dengan perkembangan teknologi dan gaya belajar siswa di era digital, sehingga mampu menumbuhkan minat, meningkatkan retensi materi, serta memperkuat pemahaman siswa terhadap peristiwa dan nilai-nilai sejarah nasional. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan utama: pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Aplikasi ini dilengkapi fitur kuis interaktif, video edukatif sejarah, kartu fakta, serta antarmuka yang dirancang ramah pengguna dan menarik secara visual. Pengujian dilakukan dengan teknik Black Box dan uji coba kepada 10 siswa kelas 4 SD Negeri 3 Ciherang Pasawahan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai harapan dan dapat meningkatkan ketertarikan serta pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Kesimpulannya, History Hunt merupakan solusi pembelajaran inovatif yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan sejarah di sekolah dasar dan berpotensi dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan kurikulum nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jommit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

oMMiT (p-ISSN: 2548-9534 dan e-ISSN :2548-9550) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Multimedia dan Informatika, khususnya pada kelompok keilmuan Teknologi Multimedia, Perancangan Aplikasi, Pengembangan Web, Pengembangan Game, Augmented Reality, Virtual Reality, Kecerdasan ...