Kemampuan menulis teks argumentasi merupakan keterampilan penting dalam dunia akademik, namun masih banyak siswa MA yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan menyusun argumen secara logis dan runtut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI MA Darut Tauhid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel berjumlah 15 siswa kelas XI A yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian meliputi observasi, pretest, posttest, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung 14,8 lebih besar dari ttabel 1,761, sehingga H? ditolak dan H? diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi Brainstorming terhadap peningkatan kemampuan menulis teks argumentasi siswa. Sebanyak 87% siswa juga memberikan respon positif, menilai strategi ini efektif dan menyenangkan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan Brainstorming dalam konteks madrasah berbasis pesantren yang memiliki budaya religius dan kolaboratif, sebuah latar yang belum banyak dikaji dalam penelitian sebelumnya. Lingkungan yang mendukung diskusi dan keterbukaan terbukti memperkuat efektivitas strategi ini. Hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi guru Bahasa Indonesia dalam mengembangkan pembelajaran menulis yang interaktif. Strategi Brainstorming dapat diintegrasikan dalam kurikulum berbasis literasi, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan berargumen siswa.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025