Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 4 (2025): JPTI - April 2025

Efektivitas Shadow Teacher dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Manajemen Kelas

Indah Hapsari, Rafika (Unknown)
Sanoto, Herry (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas peran Shadow Teacher dalam meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia kelasĀ  besar pada anak berkebutuhan khusus (ABK) berbasis manajemen kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan materi Bahasa Indonesia pada siswa berkebutuhan khusus yang disebabkan oleh kurangnya dukungan pembelajaran yang efektif. Hasil analisis uji independent sample t-test menghasilkan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen adalah 79.11 dan kelas kontrol adalah 63.11. Hasil analisis angket peran Shadow Teacher menunjukan mayoritas respon siswa sebesar 66,67% dengan kategori baik. Peran shadow teacher terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia siswa berkebutuhan khusus dengan memberikan bimbingan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mereka. Kelebihan peran shadow teacher terletak pada kemampuannya memberikan perhatian personal dan bimbingan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa berkebutuhan khusus, sehingga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa berkebutuhan khusus dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pembelajaran inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...