Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam kehidupan manusia yang harus dirancang dengan sadar dan terencana, termasuk dalam proses pendidikan anak. Pendidikan tidak hanya berlangsung di lembaga pendidikan formal, tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat. Salah satu aspek penting yang sering terabaikan adalah pendidikan pranatal, yang merupakan upaya mendidik anak sejak dalam kandungan. Di Indonesia, kurangnya pemahaman mengenai pentingnya pendidikan pranatal menjadi permasalahan, terutama di Puskesmas Plaju yang belum mengintegrasikan edukasi pranatal dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana edukasi pranatal dan implikasinya terhadap pendidikan Islam bagi anak dalam kandungan di Puskesmas Plaju. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggali peran edukasi pranatal dalam pembentukan karakter dan kecerdasan anak sesuai dengan ajaran Islam, yang dapat dimulai sejak dalam kandungan. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis data mengalir yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya edukasi pranatal dan peranannya dalam pendidikan Islam untuk anak, serta rekomendasi terkait peningkatan integrasi edukasi pranatal di Puskesmas Plaju. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan ibu hamil dan petugas kesehatan, serta studi dokumentasi dari Puskesmas Plaju. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data mengalir, yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai penerapan edukasi pranatal dan pengaruhnya terhadap pendidikan Islam bagi anak, serta menyarankan peningkatan kualitas program edukasi pranatal di fasilitas kesehatan.
Copyrights © 2025