Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi

Flash Sale Dalam Tinjauan Maslahah Mursalah: Strategi Marketing Atau Manipulasi Harga?

Inayati, Anindya Aryu (Unknown)
Prasetyo, Dieky Adi (Unknown)
Zeem, Fiqih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Shopee yang merupakan marketplace terbesar saat ini di Indonesia, dimana banyak pelaku usaha Muslim yang turut berjualan di shopee. Tapi di sisi lain, ada praktek digital marketingnya yang belum diketahui kesesuaiannya dengan prinsip hukum Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktek flash sale sebagai suatu strategi dalam melakukan pemasaran di marketplace shopee melalui perspektif maslahah mursalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan konseptual. Sumber data primer didapatkan dari hasil wawancara kepada seller dan konsumen program flash sale shopee, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen yang terkait, kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek strategi flash sale dengan menggunakan harga terendah sebagai media promosi, tidak menyalahi aturan harga dalam Undang Undang Persaingan Usaha Tidak Sehat karena terbatas hanya di platform Shopee dan dengan jumlah yang telah ditentukan. Adapun praktek ini dapat dikategorikan sebagai maslahah tahsiniyah karena memberikan manfaat kepada kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual. Praktek strategi ini juga tidak menyalahi prinsip strategi marketing Islami sehingga tetap diperbolehkan. Hakikatnya segala sesuatu dalam transaksi muamalah itu hukumnya boleh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebmak

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of ...