Kode : Jurnal Bahasa
Vol. 14 No. 1 (2025): Kode: Edisi Maret 2025

Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Kubu Raya

Lahir, Muhammad (Unknown)
Alimin, Al Ashadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja problematika yang dihadapi pada penerapan asesmen diagnostik dan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan yaitu metode descriptive design, bentuk penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru bidang studi Bahasa Indonesia, dan Kepala Sekolah di beberapa sekolah yang terlibat di antaranya: 1) SMP Nurul Islam, 2) SMPN 11 Sungai Kakap, 3) SMAN 3 Sungai Kakap, 4) SMAN 1 Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan guru menghadapi kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka seperti keterbatasan waktu untuk pelaksanaan asesmen yang mendalam, kurangnya fasilitas teknologi dan ruang belajar, serta motivasi belajar siswa yang rendah. Selain itu, keberagaman kebutuhan siswa menjadi tantangan tersendiri karena memerlukan upaya ekstra dalam menyesuaikan metode pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...