Kode : Jurnal Bahasa
Vol. 14 No. 2 (2025): Kode: Edisi Juni 2025

MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMK

Fadila Ardinaning Putri (Unknown)
Encil Puspitoningrum (Unknown)
Marista Dwi Rahmayantis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah berdampak pada kemampuan siswa SMKN 3 Kediri dalam menulis puisi di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunaka SPSS statistik. hasil pembahasan pada artikel ini yaitu mendiskripsikan mengenai: (1) keterampilan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis masalah, (2) keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah, (3) pengaruh adanya model pembelajaran pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah terhadap keterampilan menulis puisi. Kesimpulan dari artikel ini yaitu bedasarkan hasil penelitian dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan SPSS diperoleh nilai (untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan gabungan = 68) Sehingga(hipotesis nol) ditolak dan (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “terdapatperbedaan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Model pembelajaran, menulis, puisi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...