JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata
Vol 6, No 1 (2025): Juni

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Startegi Pembelajaran Inovatif

Nursyamsiyah, Siti (Unknown)
Wakit, Saipul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Era digitalisasi dengan kurikulum merdeka belajar kompetensi guru-guru dinilai kurang kereatif dan berinovasi untuk membangkitkan semangat siswa belajar. Bahkan mayoritas guru-guru di sekolah masih cenderung menerapkan pendekatan konvensional dengan model ceramah (Teacher Centered). Hal ini menjadi faktor penghambat peningkatan mutu pembelajaran serta ketidaktercapaian tujuan pembelajaran. Sikap kris siswa yang tidak terbangun sehingga cenderung pasif berdampak padan terbatasnya interaksi baik antar individu, antar teman maupun siswa dan guru.  Maka kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik dinilai penting sekali untuk merifres dan membuka wawasan guru-guru. Adapun metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan wokshop di sekolah. Pelaksanaan pelatihan dilapangan melalui beberapa tahapan yaitu: Tahap pertama peneliti melakukan persiapan kunjungan ke sekolah melakukan observasi dan wawancara pada kepala sekolah dan guru. Tahap kedua melakukan workshop startegi pembelajaran inovatif pada guru-guru. Tahap ketiga melakukan diskusi mendalam tentang strategi pemebelajaran inovatif yang mendukung kurikulum MBKM. Tahap keempat, pendampingan pada guru-guru dalam Menyusun RPP berbasis startegi pembelajaran problem based learning. Tahap kelima, evaluasi kegiatan pelaksanaan mulai pertama sampai akhir. Adapun hasil akhir dari kegiatan ini adalah melakukan perubahan startegi pemeblajaran guru yang selama ini cenderung konvensional menjadi strategi pembelajaran inovatif dianataranya: menerapkan strategi pembelajaran problem based learning dan startegi pembelajaran kontekstual. RPP yang sudah dibuat oleh guru diharapkan dimmplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari serta dituntut guru untuk kreatif dan berinovasi dengan model strategi pembelajaran yang lainnya.Era digitalisasi dengan kurikulum merdeka belajar kompetensi guru-guru dinilai kurang kereatif dan berinovasi untuk membangkitkan semangat siswa belajar. Bahkan mayoritas guru-guru di sekolah masih cenderung menerapkan pendekatan konvensional dengan model ceramah (Teacher Centered). Hal ini menjadi faktor penghambat peningkatan mutu pembelajaran serta ketidaktercapaian tujuan pembelajaran. Sikap kris siswa yang tidak terbangun sehingga cenderung pasif berdampak padan terbatasnya interaksi baik antar individu, antar teman maupun siswa dan guru.  Maka kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik dinilai penting sekali untuk merifres dan membuka wawasan guru-guru. Adapun metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan wokshop di sekolah. Pelaksanaan pelatihan dilapangan melalui beberapa tahapan yaitu: Tahap pertama peneliti melakukan persiapan kunjungan ke sekolah melakukan observasi dan wawancara pada kepala sekolah dan guru. Tahap kedua melakukan workshop startegi pembelajaran inovatif pada guru-guru. Tahap ketiga melakukan diskusi mendalam tentang strategi pemebelajaran inovatif yang mendukung kurikulum MBKM. Tahap keempat, pendampingan pada guru-guru dalam Menyusun RPP berbasis startegi pembelajaran problem based learning. Tahap kelima, evaluasi kegiatan pelaksanaan mulai pertama sampai akhir. Adapun hasil akhir dari kegiatan ini adalah melakukan perubahan startegi pemeblajaran guru yang selama ini cenderung konvensional menjadi strategi pembelajaran inovatif dianataranya: menerapkan strategi pembelajaran problem based learning dan startegi pembelajaran kontekstual. RPP yang sudah dibuat oleh guru diharapkan dimmplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari serta dituntut guru untuk kreatif dan berinovasi dengan model strategi pembelajaran yang lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiwakerta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata adalah jurnal yang di kelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dengan Nomor E-ISSN: 2746-6329, jurnal ini pertama kali diterbitkan pada bulan Juni 2020. Jurnal Ini memuat ...