BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN OBAT BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MAHASISWA PRODI TADRIS IPA UINFAS BENGKULU

Herlidia, Enda (Unknown)
Satria, Irwan (Unknown)
Sari, Meirita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala diantaranya ketika proses pembelajaran IPA berlangsung di kelas, mahasiswa masih kurang memahami materi dan merasa bosan karena pembelajaran masih kurang menarik dan efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Modul IPA pada materi keanekaragaman tumbuhan obat semester 6 Di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini menggunakan research and Development (R&D) dengan model pengembangan borg & gall. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kelayakan modul dan respon mahasiswa terhadap modul IPA. Data dari analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 282.1% (ahli media), 89.13% (ahli bahasa), 91.6% (ahli materi) dengan kategori layak digunakan. Kepraktisan modul pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon persepsi mahasiswa dan persepsi dosen IPA yang dilakukan pada uji coba skala besar menunjukkan bahwa modul IPA berbasis learning materi keanekaragaman tumbuhan obat termasuk kreteria sangat praktis digunakan tanpa direvisi dengan persentase secara berurutan sebesar 88.92%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...