BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS KISI-KISI INSTRUMEN TES TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KINEMATIKA DI SMA/MA

Faradilla, Faradilla (Unknown)
Jahja, Mohamad (Unknown)
Buhungo, Trisnawaty Junus (Unknown)
Soeharto, Soeharto (Unknown)
Arbie, Asri (Unknown)
Odja, Abdul Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi kinematika yang berdasarkan instrument yang dikembangkan, dari berbagai latar belakang seperti antar kelas dan sosial ekonomi (penghasilan orang tua). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif - kuantitatif dengan menggunakan Rasch model dalam menganalisis data. Instrument penelitian menggunakan soal pilihan ganda tiga tingkat. Sebaran siswa dengan nilai terendah disebabkan oleh faktor seperti antar kelas dan sosial ekonomi (penghasilan orang tua). DIF berdasrkan antar kelas dan sosial ekonomi item dapat ditentukan berdasarkan nilai probabilitas item yang berada dibawah 5% (<0,5).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...