BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Afifah, Firda Shofiana (Unknown)
Astriani, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dianggap penting untuk membantu siswa menghadapi masa depan yang kompleks. Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi 3D di SMPN 2 Gedeg. Subjek penelitian ini 31 siswa dengan desain pra-eksperimen one-group pre-test post-test design. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Data di analisis secara deskriptif menggunakan n-Gain, dan secara statistic menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan animasi 3D efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan pengaruh yang signifikan, dengan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). Skor tes kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan untuk semua indikator, yang ditunjukan dengan hasil n-gain sebesar 0,8 (kategori tinggi).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...