BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR

Mahsunah, Anisatul (Unknown)
Khasanah, Uswatun (Unknown)
Wahyudin, Dimas (Unknown)
MZ, A.F. Suryaning Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Multimedia interaktif adalah salah satu inovasi media pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengunakanmodel pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Payaman yang terdiri dari kelas IV A dan kelas IV B. Validasi multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 yang terdiri dari validasi ahli materi, desain dan media memperoleh skor 98%, 94.5%, dan 91.25% dengan kategori sangat layak. Uji coba terbatas pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh skor 84.6% dan 62.5% dengan kategori sangat baik dan baik, sedangkan uji coba lapangan pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh hasil 93% dan 84.6% dengan kategori hasil sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 valid dan praktis digunakan dalam mata pelajaran IPA sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...