Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A UPT SMP Negeri 10 Gresik, dengan metode kuantitatif design menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Keterampilan pemecahan masalah siswa diukur dengan instrumen pretest dan posttest yang berisi 12 soal pilhan ganda berdasarkan indikator PISA. Hasil analisis data menggunakan uji N-Gain menunjukkan 57% siswa berada dalam kategori tinggi, 33% dalam kategori sedang, dan 3% siswa mendapatkan kategori rendah. Indikator tertinggi adalah Planning and Executing (PE) dengan N-gain sebesar 0,86, sementara indikator terendah adalah Exploring and Understanding (EU) dengan N-gain sebesar 0,60. Kesimpulannya, penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025