BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAVIGASI BENCANA ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TK KEMBANG MELATI

Sari, Ika Purnama (Unknown)
Ihlas, Ihlas (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pendidikan kesiapsiagaan bencana alam pada anak usia dini sangat penting untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menghadapi situasi darurat. TK Kembang Melati mengimplementasikan pembelajaran navigasi bencana alam melalui berbagai metode yang menyenangkan dan interaktif untuk memberikan pemahaman serta pengalaman bagi anak terkait dengan penanggulan bencana sejak dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan mengidentifikasi tema-tema yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran navigasi bencana alam di TK Kembang Melati berhasil meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi bencana. Melalui simulasi evakuasi, permainan peran, media visual, dan kolaborasi kelompok, anak-anak dapat mengenali jenis bencana, berlatih evakuasi, serta menggunakan alat darurat. Keterlibatan anak-anak dalam kegiatan ini juga memperkuat keterampilan sosial mereka seperti komunikasi, kerja sama, dan empati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...