BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PHET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI EFEK RUMAH KACA

Putri, Erina Anggraeni (Unknown)
Widodo, Wahono (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons peserta didik setelah mengikuti Leraning Cycle 5E berbantuan PhET. Penelitian dilakukan menggunakan medote eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas IX-B dan IX-K yang masing-masing berjumlah 30 pada salah satu SMPN di Surabaya. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan angket respons. Data dianalisis menggunakan persentase, uji beda rerata, dan N-gain. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol dengan N-gain lebih tinggi pada kelas eksperimen. Hasil posttest juga lebih tinggi daripada pretest pada kelas eksperimen. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh penilaian dengan kategori sangat baik serta hasil respons peserta didik juga sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Leraning Cycle 5E berbantuan PhET dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi efek rumah kaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...