Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan model PBL pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B di salah satu SMP swasta di wilayah Surabaya Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes (pretest dan posttest) dan lembar angket respons peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis persentase, uji beda rata-rata dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi setelah diterapkan model PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase dalam kategori sangat baik. Selain itu, peserta didik juga memberikan respon sangat baik. Kesimpulan dari penerapan model pembelajaran PBL dapat diterapkan pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2025