Pembelajaran sains di usia dini sangat penting karena dapat membentuk pemahaman anak-anak tentang konsep-konsep dasar sains serta kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Keterampilan mengajar guru dalam hal ini memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan rasa ingin tahu pada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan secara mendalam keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran sains. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari guru siswa, dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di TK Warahman. Prosedur penelitian dimulai dengan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas, wawancara kepada guru dan beberapa siswa untuk menggali lebih dalam mengenai pengalaman mereka dalam pembelajaran sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dengan mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Warahman berhasil mengimplementasikan berbagai pendekatan dalam pembelajaran sains, seperti eksplorasi alam, merawat tumbuh-tumbuhan, dan pembiasaan hidup bersih dan sehat melalui cerita inspiratif. Pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap konsep-konsep sains, tetapi juga menumbuhkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan serta peduli terhadap lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025