BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL CPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Sholikhah, Nur (Unknown)
Subekti, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responpeserta didik terhadap peneerapan pembelajaran model CPS untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA, dengan fokus pada pemisahan cacmpuran sederhana. Keterampilan proses sains merupakan aspek penting dalam pembelajaran IPA karena mencakup keterampilan untuk menggunakan metode ilmiah dalam mempelajari dan memahami suatu bidang ilmu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental, yaitu One-Group Pretest-Posttest Design untuk menganalisis bagaimana siswa mengembangkan keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui angket respon yang diberikan kepada 27 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP menunjukkan sikap yang sangat positif terhadap pembelajaran dengan rerata persentase respons siswa mencapai 86% dengan kategori sangat baik. Mengidikasikan Pembelajaran model CPS membantu meningkatkan keterampilan proses sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...