SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 17, No 1: Juni 2025

POWERPOINT INTERAKTIF: BAGAIMANA MINAT MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA DISKRIT?

Rahmi, Depriwana (Unknown)
Kurniati, Annisah (Unknown)
Yuniati, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar mahasiswa adalah metode pengajaran yang dilakukan dosen. Inovasi pengajaran di kelas seharusnya dilakukan supaya dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam perkuliahan matematika diskrit yaitu pada materi kombinatorik dan peluang diskrit dengan menggunakan powerpoint interaktif. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Mahasiswa semester tiga yang terlibat dalam pengisian angket sebanyak 21 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dalam bentuk google form dan dokumentasi. Angket bersifat tertutup dan terstruktur yang mana mahasiswa menjawab pernyataan mengenai apa saja yang dialami selama perkuliahan berlangsung dengan menggunakan powerpoint interaktif. Analisis data melalui 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar mahasiswa meningkat melalui pengajaran dengan powerpoint interaktif.  Mahasiswa merasa senang dan lebih aktif di kelas karena materi yang disampaikan menjadi sangat jelas dan mudah dipahami. Dengan demikan pengajaran seperti ini dapat dijadikan pedoman bagi dosen untuk merancang pembelajarannya di kelas dengan materi yang lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...