Media Pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memilih teknik atau metode agar siswa memusatkan perhatiannya kepada guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Minat Belajar IPAS Siswa SDN 35 Ampenan. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi, sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa terdiri dari kelas III-A 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan III-B 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan lembar dokumentasi. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test atau uji t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian Uji Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sided p) = 0,001<0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa SDN 35 Ampenan.
Copyrights © 2025