Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal ilmiah Pendidik Indonesia

Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Kunjungan Industri pada Konsep Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Muhapilah, Selpi (Unknown)
Rasyid, Abdur (Unknown)
Sugandi, M Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis kunjungan industri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi bioteknologi. Masalah yang diangkat adalah rendahnya keterampilan proses sains akibat minimnya pengalaman belajar yang kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian adalah 56 siswa kelas IX MTs Miftahul Huda Majalengka pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, terdiri atas kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing 28 siswa, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup tes keterampilan proses sains berbentuk uraian, lembar observasi, dan angket respon siswa. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa pembelajaran PjBL dengan kunjungan industri ke lokasi produksi yoghurt, sedangkan kelompok kontrol hanya menggunakan bahan ajar tanpa kunjungan. Hasil menunjukkan rata-rata skor N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,63 (kategori sedang–tinggi), dan kelompok kontrol sebesar 0,41 (kategori sedang). Produk proyek siswa kelompok eksperimen juga lebih baik dibandingkan kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik (78,27%). Dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbasis kunjungan industri efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...