Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi Sumber data dalam penelitian ini pembimbing dan santri yang mengikuti bimbingan kuliah luar negeri Teknik analisis data menggunkan Miles Huberman dengan 3 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan Keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, memperpanjang waktu penelitian dilapangan serta trianggulasi Teknik dan sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan di Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur melibatkan empat tahap utama: perencanaan untuk menetapkan tujuan secara terstruktur, pengorganisasian untuk pemanfaatan sumber daya, pelaksanaan program dengan fokus pada hafalan dan pendidikan formal, serta pengawasan untuk memastikan kesesuaian dengan visi dan rencana kerja Hasilnya diharapkan meliputi alumni yang mampu menghafal hingga 30 juz dan menguasai bahasa asing dengan baik, serta mendapatkan penilaian positif dari masyarakat Faktor pendukung termasuk pembimbing berkompeten dan kondisi jasmani santri, sementara penghambat meliputi kekurangan pembimbing, niat yang tidak tulus, dan masalah pengaturan waktu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025