Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025): Education Transformation

KONSELING KELOMPOK SELF DISCLOSURE UNTUK MENINGKATKAN SELF COMPASSION SISWA KORBAN BULLYING

Fauzi, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Self compassion membantu individu terhindar dari gangguan kesehatan mental seperti stres berkepanjangan, depresi, gangguan kecemasan dan peningkatan self compassion dikaitkan dengan peningkatan penanda kesehatan mental. Penelitian ini berfokus pada individu yang rentan mengalami gangguan kesehatan mental di sekolah yaitu siswa korban bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik self disclosure untuk meningkatkkan self compassion pada siswa korban bullying kelas X SMA Negeri 1 Subah. Penelitian ini merupakan desain penelitian eksperimen single group pretest-multiple posttest design. Subjek penelitian melibatkan 6 siswa kelas sepuluh yang dipilih melalui purposive sampling, dari 69 siswa. Setelah dianalisis menggunakan Repeated Measures Anova dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25, hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok self disclosure efektif untuk meningkatkan self compassion pada siswa korban bullying kelas X SMA Negeri 1 Subah. Implikasi temuan ini dapat dimanfaatkan untuk layanan bimbingan dan konseling bagi siswa korban bullying.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutrans

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Education Transformation bertujuan untuk memfasilitasi diseminasi karya ilmiah kritis dan pertukaran informasi dari berbagai perspektif budaya bagi para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, tenaga kependidikan, dan praktisi di bidang pembelajaran dan pengelolaan sekolah. Jurnal Education ...