Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025): Education Transformation

IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SDN PANGKALAN

Dewi, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Di era globalisasi ini, pendidikan dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai dasar pembangunan tatanan sosial dan ekonomi. Salah satu aspek penting dalam membangun keterampilan berpikir kritis adalah melalui pendidikan Matematika. Namun, pada kenyataannya, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan modul pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian berasal dari siswa kelas V pada Gugus Diponegoro Kecamatan Margoyoso yang berjumlah 8 SD, dengan sampel dari kelas V SDN Pangkalan sebagai kelas eksperimen dan SDN Pohijo 02 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian tes awal (pretest) dan akhir (posttest). Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa implementasi modul pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai postest sebesar 25 poin dan peningkatan nilai N-Gain 0,65 yang menunjukkan efektivitas yang cukup signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutrans

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Education Transformation bertujuan untuk memfasilitasi diseminasi karya ilmiah kritis dan pertukaran informasi dari berbagai perspektif budaya bagi para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, tenaga kependidikan, dan praktisi di bidang pembelajaran dan pengelolaan sekolah. Jurnal Education ...