Jurnal USAHA
Vol 6, No 1 (2025): Juni

The Effect of Affiliate Promotion on Shopee User Student Purchase Decisions in Banjarmasin

Radhiati, Raisa (Unknown)
Putri Utami, Rima Wahyu (Unknown)
Dahliana, Difi (Unknown)
Shofwa, Filjah Aqmarina (Unknown)
liyana, Sir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

ABSTRAKKeberadaan e-commerce sebagai bagian dari perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, salah satunya pada platform Shopee. Berbagai strategi pemasaran, termasuk Program Afiliasi Shopee, dilakukan untuk menarik minat konsumen dalam proses pengambilan keputusan, terlebih konsumen di kalangan mahasiswa Universitas Islam merupakan segmen yang unik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Afiliasi Shopee memengaruhi keputusan berbelanja mahasiswa Universitas Islam di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pada 97 mahasiswa. Kemudian, teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan promosi melalui program afiliasi terhadap keputusan pembelian di kalangan mahasiswa Universitas Islam di Banjarmasin. Dengan demikian, para influencer ini memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

usaha

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy ...