Jurnal Usia Dini
Vol. 11 No. 1 (2025): Juni 2025

Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasaan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Mujahidin 1 Pontianak

Tri Wahyuni, Intan (Unknown)
Zar’in, Firdaus (Unknown)
Herawati, Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran sentra di TK Mujahidin 1 Pontianak menggunakan kelompok sentra terdapat pengembangan kecerdasaan linguistik anak usia dini menyebabkan keterbatasan kosa kata, kurangnya interaksi anak siswa dan terbatasnya komunikasi yang dilakukan antar guru dan siswa. Berdasarkan permasalahan fokus penelitian adalah bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasaan linguistik anak usia dini di taman kanak-kanak (TK) Mujahidin 1 Pontianak. Sehingga tujuan penelitian mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasaan linguistik dan dampak model pembelajaran sentra sehingga terjadi pengembangan kecerdasaan linguistik anak usia dini di taman kanak-kanak (TK) Mujahidin 1 Pontianak. Metode penelitian deskriptif dengan mendeskripsikan hasil dari obervasi pengamatan seacara langsung, wawancara terhadapa guru dan dokumentasi bukti penelitian. Pelaksanaan model pembelajaran sentra anak usia dini di TK Mujahidin 1 Pontianak terdiri bercerita, bernyanyi, bermain peran dan tanya jawab. Dampak pengembangan kecerdasaan linguistik yaitu anak mampu menyebutkan huruf vokal, nama benda, mengelompokan gambar dan membaca nama nya sendiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. ...